Friday, August 20, 2010

Slow Speed





Kalo diartikan ke bahasa Indonesia sih artinya kecepatan lambat/rendah, hehe. tapi slow speed merupakan sebuah teknik dalam fotografi yang mana prinsip utamanya adalah memaksa rana kamera agar berkecepatan rendah. Maka, sesuai dengan prinsip fotografi, berarti jumlah cahaya yang masuk ke kamera harus sesedikit mungkin (disadur dari Kompas).

Tips buat motret dengan teknik slow speed:

1. Selalu gunakan tripod untuk mencegah kamera goyang/shake, lebih bagus lagi kalo pake shutter-remote/shutter-cable release agar kamera gak goyang pas jari kita mencet shutter button kamera.

2. Selalu pake bukaan diafragma terkecil, foto-foto diatas pake diafragma f/22.

3. Pake ISO terkecil, kira-kira pake ISO 100 lah biar hasil jepretan bersih dan gak noise.

4. Aplikasikan filter untuk mencegah foto menjadi over exposure, mengingat kita memaksa kamera untuk mengcapture objek dalam waktu yang agak lama, sehingga jumlah cahaya yang masuk akan berlebih dan bisa bikin foto jadi terlalu terang. Foto-foto di atas hasil dari numpuk filter ND8 dan Grad ND, untuk foto yang ketiga kutambahkan juga filter Grad Orange biar langitnya bernuansa orange.

5. Just try and try, jangan takut hasilnya jelek ! kayak lagunya Jason Mraz yang berjudul Try Try Try coba deh cari beberapa spot yang bagus dan pahami situasi alam

6. Untuk hasil yang memuaskan, ya tetep donk pake software pengolah gambar, edit seperlunya sesuai selera, mungkin untuk bikin foto jadi lebih eye-catching. Biasanya aku pake Adobe Photoshop buat ngedit brightness/contrast, level, sharpening, jangan over-editing, biar gimanapun, foto yang minim editing lebih mantab !!

0 comments:

Post a Comment